You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Melihat Simulasi Bencana Gempa di Posko Tagana Jakut
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Melihat Simulasi Bencana Gempa di Posko Tagana Jakut

Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Utara menggelar simulasi bencana gempa yang berlangsung di Posko Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jakarta Utara di Jl Kramat Jaya Raya, Tugu Utara, Koja. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April.

Simulasi ini memberikan pengertian bahwa masyarakat jangan panik apabila terjadi gempa. Justru sebaliknya harus siap siaga,

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana), Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Rohman mengatakan, simulasi ini menekankan pada upaya penyelamatan diri secara mandiri ketika terjadi bencana gempa bumi. Kegiatan simulasi diikuti 13 peserta yang terdiri dari petugas Tagana dan Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB).

"Simulasi ini memberikan pengertian bahwa masyarakat jangan panik apabila terjadi gempa. Justru sebaliknya harus siap siaga," ujarnya, Senin (26/4).

Pemprov DKI Siaga Hadapi Musim Hujan, Sejumlah Mitigasi Bencana Diterapkan

Rohman menjelaskan, simulasi menceritakan penyelamatan di dalam gedung berlantai tinggi yang diawali dengan dibunyikannya sirine gempa. Setiap peserta diminta untuk melakukan penyelamatan diri dengan cara menutupi kepala menggunakan barang seadanya termasuk berlindung di kolong meja atau bersandar pada tembok.

Setelah gempa berakhir, setiap peserta diarahkan untuk turun dari gedung menuju titik kumpul melewati tangga darurat sambil tetap menutupi kepala. Peserta kembali diarahkan menjauh dari gedung untuk menghindari gedung runtuh karena gempa susulan.

"Dalam simulasi ini, petugas juga turut mengecek peralatan kesiapsiagaan bencana yang akan digunakan apabila bencana terjadi di Jakarta Utara," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye4014 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 106 Warga RW 06 Pengadegan Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3514 personTiyo Surya Sakti
  3. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari Ini

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3361 personAnita Karyati
  4. Kebakaran di Kelurahan Tengah Dipicu Arus Pendek Listrik

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3279 personNurito
  5. Warga Apresiasi Penataan Kawasan di Kelurahan Petamburan

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3279 personBudhi Firmansyah Surapati